Kurikulum 2013 diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Namun,hal ini tidak akan berdampak banyak apabila tidak ada campur tangan dari beberapapuhak, baik guru maupun lingkungan. Untuk meningkatkan prestasi belajar tentunya akanbeberapa faktor yang mempengaruhi, diantaranya: disiplin belajar, peranan guru, motivasibelajar, fasilitas belajar utama, dan fasilitas belajar pendukung. Salah satu metode untukmengidentifikasi faktor-faktor tersebut adalah analisis faktor. Rumusan dalam penelitianini adalah “Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas XSMA Al-Islam Krian?”. Tujuannya adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yangmempengaruhi prestasi belajar siswa kelas X SMA Al-Islam Krian. Data diperoleh darimetode kuesioner, dengan sampel 72 orang, hasil analisis data didapatkan bahwa semuabutir kuesioner adalah valid (rrasio > r tabel), kuesioner adalah reliable (nilai CronbachAlpha dari tiap butir kuesioner lebih besar dari 0,60). Hasil uji KMO and Bartlett’s Testsebesar 0,687 yang berarti analisis dapat dilanjutkan. Variabel dirotasikan dengan loadingfaktor 0,54 sehingga membentuk 26 variabel yang layak. Dari 26 variabel membentuk 5faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, yaitu: disiplin belajar, peranan guru, motivasibelajar, fasilitas belajar utama, dan fasilitas belajar pendukung. Kesimpulan daripenelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas XSMA Al-Islam Krian yaitu disiplin belajar, peranan guru, motivasi belajar, fasilitasbelajar utama, dan fasilitas belajar pendukung
Copyrights © 2014