Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap layanan administrasi  dilihat dari faktor etika yang terjadi di sebuah unit Tata Usaha Fakultas Perguruan Tinggi di wilayah Bangkalan Madura Jawa  Timur. Evaluasi terhadap layanan administrasi dilakukan dengan menggunakan metode  penelitian kualitatif. Tata Usaha Fakultas bertugas melayani, mengelola dan mengadministrasi kegiatan akademik pada tiap  unit. Dalam pelaksanaannya Tata Usaha Fakultas mengkaji beberapa unit layanan agar dapat mengevaluasi tingkat kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian ini tingkat kepuasan mahsiswa sebagai pelanggan dapat diketahui dengan membandingkan antara kenyataan layanan dengan harapan pelanggan sehingga diperoleh hasil yang menyimpulkan bahwa kepuasan pelanggan belum semuanya terpenuhi. Layanan yang ada di Tata Usaha Fakultas Pertanian dibagi menjadi 3 jenis yaitu di bidang akademik dan kemahasiswaan, Umum dan aset, kepegawaian dan keuangan. Berbagai unit layanan yang ada memberikan sumbangsih pelayanan tersendiri, namun pada unit layanan administrasi keuangan memperoleh tingkat kenyataan terendah dan harapan tertinggi sehingga perlu perbaikan agar dapat mendongkrak nilai kepuasan mahasiswa. Citra negatif ini berpengaruh pada perilaku (kemauan) mahasiswa dalam kunjungannya ke Tata Usaha. Alternatif upaya penanganan peningkatan kwalitas layanan adalah dengan memeperbaiki layanan administrasi keuangan yang memperoleh nilai terendah sehingga nantinya semua akan seimbang dan dengan itu maka sesuai rumus yang ada dengan layanan baik maka jumlah kunjungan mahasiswa akan semakin meningkat namun sebaliknya jika tidak ada peningkatan layanan maka jumlah kunjungan mahasiswa akan semakin menurun
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020