Penelitian ini bertujuan untuk mendesktipsikan hasil penelitian tentang berbicara produktif melalui pembelajaran problem solving dengan menggunakan metode debat bagi mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Usman Safri Kutacane. Data keterampilan bertanya akan dianalisis secara deskriptif kualitatif setelah melalui tahapan tabulasi data dengan kriteria persentase. Data diambil dengan menggunakan lembar observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Untuk mengolah data hasil keterampilan bertanya melalui lembar observasi. Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) bulan dimulai pada bulan Oktober – Desember 2019. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 81% berbicara produktif melalui pembelajaran problem solving dengan menggunakan metode debat mahasiswa lebih baik & Produktif. Kendala yang sering dihadapi mahasiswa adalah kurangnya referensi dalam mengungkapkan pembahasan yang harus dibicarakan mahasiswa. Melalui metode debat berbasis masalah, maka mahasiswa lebih termotivasi dan berlomba-lomba untuk mengungkapkan pendapatnya. Kemudian 19 % dari 100% mahasiswa masuk pada kategori bingung, dan bahkan kurang paham dengan tehnik berbicara produktif.
Copyrights © 2020