LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol 5, No 2 (2020): Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN MENGARANG NARASI SISWA DI SMA NEGERI 1ANGKOLA BARAT

Robiyatul Adawiyah (UNIVERSITAS GRAHA NUSANTARA)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengaruh metode pembelajaran role playing terhadap mengarang narasi siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Barat, yang terdiri atas 5 kelas dengan total seluruhnya 160 siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan sampel yakni sebanyak 48 siswa. Sesuai dengan pendapat Arikunto (2005) yang menyatakan,“ Jika peneliti mempunyai beberapa ratus subjek dalam populasi mereka dapat menentukan kurang lebih 25-30% dari jumlah subjek tersebut. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode Role Playing terhadap Kemampuan mengarang narasi siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan diperolehnya r hitunglebih besar dari nilai rtabelyaitu 0,786>0,284, pengaruh metode Role Playing tergolong baik, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yaitu 79. Kemampuan mengarang narasi  siswa tergolong baik, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yaitu 75. Hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Linguistik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra berisi artikel-artikel ilmiah tentang bahasa, sastra, linguistik, dan hubungannya dengan pengajaran, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Artikel yang dimuat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan pembahasan ...