Perguruan tinggi menjadi fasilitator keberhasilan Indonesia dalam mencapai kesuksesan SDGs di Indonesia, karena berperan dalam mengedukasi pemimpin masa depan melalui ilmu pengetahuan, penelitian dan inovasi. Pada Maret 2020, WHO menyatakan Covid-19 sebagai pandemi global. Salah satu sektor yang terdampak menjadi potential losers yaitu sektor pendidikan. Perguruan tinggi selama pandemi covid-19 menghentikan pembelajaran tatap muka dan diganti dengan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa tentang motivasi, dan kinerja penyelesaian tugas akhir serta menganalisis pengaruh motivasi terhadap kinerja penyelesaian tugas akhir situasi pandemic covid-19. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan SEM PLS. Hasil persepsi mahasiswa mengenai motivasi dan kinerja memiliki kategori rendah dan tinggi. Selain itu hasil menyatakan need for achievement dan need for affiliation memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja sedangkan need for power memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja.
Copyrights © 2020