Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 3, No 2 (2020): (November) Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia

PERBANDINGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN SOS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA

Saribatul Aslamiah (Unknown)
Antoni Pardede (Unknown)
Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode TGT menggunakan media permainan SOS (kelas eksperiment) dengan model pembelajaran problem based learning sederhana (kelas kontrol). Peneitian ini menggunakan penelitian eksperiment semu desain penelitian nonekuivalen control group design, mengambil 2 kelas sebagai sampel eksperimen dan kontrol dengan masing-masing siswa 33 orang Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang didapat, pada siswa kelas XI ipa 2 (kelas eksperiment) mendapatkan hasil belajar kognitif siswa rata-rata nilai 81,21, kemudian dibandingkan hasil belajar kognitif siswa kelas XI ipa 1 (kelas kontrol) yang memiliki rata-rata nilai 72,27. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran TGT dengan media permainan SOS efektif dan berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dalam ranah kognitif

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

daltonjurnal

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Merupakan jurnal dalam bidang pendidikan kimia dan ilmu kimia di program studi pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB, diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal, terbit setiap mei dan November (e-issn: 2621-3060). Pada bidang ilmu ...