COMMED: Jurnal Komunikasi dan Media
Vol. 5 No. 1 (2020): Commed : Jurnal Komunikasi dan Media

KONSTRUKSI KOMODIFIKASI MEDIA KOMUNIKASI UNTUK KAMPANYE KESEHATAN DI INSTAGRAM DALAM PENCEGAHAN VIRUS CORONA PADA NEW ERA MASYARAKAT 5.0: -

ilona Vicenovie Oisina Situmeang (UPI YAI Jakarta)
Ivonne Ruth Situmeang (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2020

Abstract

Virus Corona merupakan salah satu virus yang ditakuti oleh seluruh umat manusia didunia ini karena merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang mematikan umat manusia. Hingga saat ini belum ditemukan vaksin maupun obat yang dapat menyembuhkan virus ini. Sejak virus corona menyebar keseluruh dunia, tingkat kepedulian masyarakat dunia mulai bertambah akan pentingnya menjaga pola hidup sehat dan mulai berperan membagikan informasi penting dalam bentuk kampanye tentang Kesehatan tersebut ke teman dan masyarakat secara umum. Salah satu media yang digunakan untuk berbagi tersebut adalah media Instagram. dikarenakan media instagram merupakan salah satu media social yang banyak digunakan. Media Instagram merupakan salah satu media kampanye Kesehatan yang sering digunakan kementerian, pemerintah swasta, komunitas maupun perorangan dalam menyampaikan pesan kampanye Kesehatan. Yang menjadi pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana kampanye sosial diinstagramdalam melakukan pencegahan terhadap virus corona di New Era 5.0 Society. Dalam penelitian ini menggunakan teori difusi inovasi dengan konsep komunikasi persuasive, kampanye sosial, pemanfaatan media sosial untuk pesan kampanye dan Virus Corona. Pendekatan penelitian: kualitatif. Paradigma penelitian: paradigma post-positivisme. Tipe penelitian: eksploratif. Hasil yang diperoleh bahwa pengguna media instargram baik dari kementerian, pemerintah, komunitas maupun dari perorangan merancang terlebih dahulu konten dan video yang menarik akan dibagikan agar menimbulkan daya Tarik bagi orang yang melihatnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

commed

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal komunikasi dan media diterbitkan dua kali setahun oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Putera Batam. Jurnal ini merupakan sarana publikasi karya ilmiah bagi kaum akademisi dan praktisi. Jurnal ini menerbitkan artikel dari hasil penelitian baik penelitian lapangan (laporan ...