Artikel disusun berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui pengembangan media pembelajaran e-komik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas 4 SD. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Reasearch and Development dengan desain 4-D. Tahap yang dilakukan pada desain 4-D yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dengan melakukan uji validasi terhadap pakar materi, media, dan pembelajaran. Hasil uji materi pengembangan media e-komik mendapatkan skor 48 dengan persentase 80% sehingga dikategorikan sangat valid dan layak. Hasil uji pakar media memperoleh skor 80 dengan persentase 84% dan dikategorikan sangat valid dan layak. Hasil uji pakar pembelajaran memperoleh skor 24 dengan persentase 68% dan dikategorikan valid dan layak. Tahap terakhir yaitu tahap penyebaran yang bertujuan untuk mempromosikan media e-komik kepada guru dan siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media e-komik layak digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. , ,
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020