JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 2 (2020): August 2020

Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak

Fatmala, Yeyen (Unknown)
Hartati, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan studi literatur yang dilatarbelakangi oleh kemampuan kreativitas anak masih belum optimal. Hal tersebut terlihat dari kegiatan pembelajaran yang masih dominan atau dimonopoli oleh guru sehingga membatasi ruang gerak anak untuk berkreasi dan menyalurkan ide atau gagasannya dalam mengembangkan kemampuan kreativitas sehingga anak cendrung meniru, kurang percaya dengan hasil karya sendiri, dan takut ketika melakukan sesuatu yang baru atau inovatif dalam menciptakan suatu karya/ide. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengaruh membatik ecoprint terhadap perkembangan kreativitas seni di taman kanak-kanak. Metode yang digunakan adalah studi pustaka. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi literatur berbagai sumber tertulis yaitu 18 buku, 2 skripsi dan 27 jurnal yang relevan. Berdasarkan beberapa hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh membatik ecoprint terhadap perkembangan kreativitas seni. Kegiatan membatik ecoprint menyalurkan seluruh ide dan gagasan tanpa batas menggunakan berbagai bentuk daun dan bunga sehingga menghasilkan karya kreatif yang bernilai seni. Membatik ecoprint merupakan salah satu media yang menarik dan lebih aman dan ramah lingkungan karena penggunaan zat warna sintetis berbahan kimia akan dampak negatif bagi lingkungan seperti pencemaran tanah, air, dan udara.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...