JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 2 (2020): August 2020

Pengaruh Keterampilan Mengajar dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru

Chrisvianty, Elta (Unknown)
Arafat, Yasir (Unknown)
Mulyadi, Mulyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keterampilan mengajar dan Motivasi Kerja secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMP Negeri 3 Prabumulih. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional (sebab akibat). Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda korelasi parsial dan korelasi ganda. Penelitian ini menghasilan kesimpulan 1) Ada pengaruh keterampilan mengajar terhadap Kinerja Guru, artinya keterampilan mengajar guru dapat mempengaruhi Kinerja Guru. Besarnya pengaruh keterampilan mengajar terhadap Kinerja Guru adalah 37,3%; 2) Ada pengaruh motivasi kerja guru terhadap Kinerja Guru, artinya motivasi kerja dapat mempengaruhi Kinerja Guru. Besarnya pengaruh supervisi akademik terhadap Kinerja Guru adalah 38,0%; dan 3) Ada pengaruh keterampilan mengajar dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru. Dengan demikian keterampilan mengajar dan motivasi kerja dapat mempengaruhi Kinerja Guru. Keterampilan mengajar dan motivasi kerja mampu mempengaruhi Kinerja Guru dengan kontribusi 51,2% sedangkan sisanya 48,8% dijelaskan oleh faktor-faktor yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...