JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Pengembangan Modul Pembelajaran Teks Anekdot dengan Pendekatan Komunikatif Berbasis Tugas untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Peserta Didik SMK Kelas X

Ainiyah, Luluk Qurrotul (Unknown)
Sugito, Sugito (Unknown)
Subandowo, M (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan deskripsi tentang (1) proses pengembangan modul teks anekdot dengan pendekatan komunikatif berbasis tugas, (2) kualitas modul teks anekdot dengan pendekatan komunikatif berbasis tugas untuk peserta didik SMK kelas X yang diukur berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Researchs and Development/R&D). Berkaitan dengan tujuan (1) hasil penelitian menunjukkan proses pengembangan menghasilkan draf 1 dan 2 yang memiliki nilai kelayakan sangat layak yang diukur dari empat indikator utama yakni, kelayakan isi dengan persentase, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian, dan kelayakan kegrafikaan buku. Kelayakan isi dengan persentase 87,5%, kelayakan bahasa dengan persentase 91,25%, kelayakan penyajian 88,75%, dan kelayakan kegrafikaan 83,75%. (2) Uji coba produk menghasilkan kepraktisan modul berdasarkan respon guru yang mendapatkan persentase 82,50% dengan interpretasi nilai sangat positif, dan hasil respon peserta didik mendapatkan prosesntase 81,61% dengan interpretasi nilai sangat positif, keefektifan modul meliputi dua indikator yakni, keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memperoleh persentase 72,12% dengan interpretasi terlaksana secara keseluruhan. Hasil belajar peserta didik pada masa uji coba I belum mencapai ketuntasan 100%. Uji coba I mendapatkan rata-rata nilai kelas 82 dengan ketuntasan 78,57% berkategori belum mencapai ketuntasan. Pada uji coba II memeroleh hasil ketuntasan secara keseluruhan dengan nilai rata-rata kelas 97 dengan nilai ketuntasan 100%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...