JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Pengaruh Model Course Review Horay Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Perkalian dan Pembagian Pecahan Kelas V SD

Rahmadina, Rahmadina (Unknown)
Masniladevi, Masniladevi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model model kooperatif tipe course review horay terhadap kemampuan berpikir kritis perkalian dan pembagian pecahan di kelas V SD Gugus II Kecamatan Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design bentuk Nonequivalen control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Sampling. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 21 Kapuh sebagai kelas eksperimen dan SDN 02 Gurun Panjang sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 74,29 dengan standar deviasi yaitu 12,43 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 60,43 dengan standar deviasi yaitu 14,90. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh thitung 3,56 sedangkan ttabel pada taraf kepercayaan ? 0,05 adalah 2,021. Sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model kooperatif tipe course review horay terhadap kemampuan berpikir kritis perkalian dan pembagian pecahan di kelas V SD Gugus II Kecamatan Koto XI Tarusan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...