JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Take And Give di Sekolah Dasar

Rahayu, Sri (Unknown)
Rahmatina, Rahmatina (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Kooperatif tipe Take and Give di kelas IV SDN 13 Sumani Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 26 siswa kelas IV SDN 13 Sumani Kabupaten Solok. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada a) Rata-rata RPP siklus I adalah 85% (baik) dan siklus II adalah 94% (sangat baik). b) Rata-rata pelaksanaan aspek guru siklus I diperoleh 85% (baik) dan siklus II juga diperoleh 96% (sangat baik), sedangkan dari aspek siswa siklus I adalah 84% (baik) dan siklus II adalah 96% (sangat baik). c) Hasil belajar siswa siklus I adalah 77, meningkat pada siklus II yaitu 88. Dengan demikian model Kooperatif tipe Take And Give dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 13 Sumani Kabupaten Solok.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...