JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Mind Mapping di Kelas IV Sekolah Dasar

Marsela, Merlin (Unknown)
Rahmatina, Rahmatina (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2020

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dengan model Mind Mapping. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dua pertemuan dan siklus II satu pertemuan. Dengan tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 25 orang siswa kelas IV. Hasil penelitian siklus I pada pertemuan 1 pengamatan RPP mendapatkan persentase 77,8% (C) meningkat 86,11 % (B) pada pertemuan 2 dan meningkat 94,4% (SB) dalam siklus II. Pada aktivitas guru siklus I pertemuan 1 memperoleh persentase 85,71% (B) meningkat 89,25% (B) pada pertemuan dua dan meningkat 92,85% (SB) pada siklus II. Sedangkan pada aktivitas siswa siklus 1 persentase 75% (C) meningkat 85,71% (B) pada pertemuan 2 dan meningkat 96,42% (SB) pada siklus II. Model Mind Mapping telah mampu meningkatkan proses belajar siswa dalam pembelajaran Tematik Terpadu di kelas IV SDN 114/III Dusun Baru.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...