JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Hubungan Pendayagunaan Fasilitas dengan Minat Baca Anak-anak di Rumah Baca Kampuang Tobiang (KATO) Kabupaten Lima Puluh Kota

Mora, Reni (Unknown)
Setiawati, Setiawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat anak-anak dalam membaca di Rumah Baca Kampuang Tobiang. Penulis menduga salah satu faktor penyebabnya kurangnya pendayagunaan fasilitas oleh pengelola rumah baca. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripikan pendayagunaan fasilias dan minat baca anak-anak di Rumah Baca Kampuang Tobiang da melihat hubungan antara pendayagunaan fasilitas dengan minat baca anak-anak di Rumah Baca Kampuang Tobiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitiann korelasional. Populasi penelitian ini adalah anak-anak yang menjadi peserta di rumah baca yang berjumlah 24 orang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 16 dengan penarikan sampel cluster random sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data tentang pendayagunaan fasilitas dan data tentang minat baca anak-anak di Rumah Baca Kampuang Tobiang yang terpilih sebagai sampel. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak-anak yang menjadi peserta di Rumah Baca Kampuang Tobiang. Teknik pengumpulan data berupa anket dan alat pengumpulan data berupa kuisioner. Teknik analisis data menggunakan Persentase dan Rank Order. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendayagunaan fasilitas oleh pengelola masih rendah. Sedangkan minat baca anak-anak rumah baca kampung tobiang (kato) pada kategori rendah. saran dalam penelitian ini diharapkan kepada pengelola untuk mendayagunakan fasilitas yang ada di Rumah Baca Kampuang Tobiang sehingga dapat meningkatkan minat baca anak-anak di Rumah Baca Kampuang Tobiang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...