JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Instrumen Penilaian Kelas melalui Supervisi Klinis Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMAN 4 Tanah Putih

Hariadi, Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya peningkatan guru dalam mengembangkan instrument penilaian kelas melalui supervisi klinis pada mata pelajaran B. Inggris di SMAN 4 Tanah Putih Subyek penelitian ini adalah guru-guru Bahasa Inggris di SMAN 4 Tanah Putih. Objek penelitianya adalah instrument penilaian kelas.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Bahasa Inggris dalam menyusun instrumen penilaian kurang sesuai dengan indikator yang ada pada RPP yang disusun oleh guru tersebut. Setelah diadakan pelatihan dan dilaksanakan supervisiklinis pada siklus I para guru dalam menyusun instrumen penilaian kelas sesuai dengan indikatornya dan dibuat kisi-kisinya. Pada siklus II, menunjukan kompetensi guru dalam menyusun instrumen penilaian, kinerja guru dan skor supervise klinis para guru jika dibandingkan dengan siklus I rata-ratanya meningkat secara signifikan. Untuk guru Nuraini, S.Pd. meningkat 12,60% yaitu dari 65,7 menjadi 74. Sedangkan guru Iftah Hayati, S.Pd. meningkat 12,06% yaitu dari 66,3 menjadi 74,3. Penyusunan instrument penilaian kelas diharapkan selalu ada pembimbingan dari instruktur, kepala sekolah dan pengawas sekolah secara berkesinambungan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...