Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD dengan jumlah 30 orang siswa kelas V SD Negeri Gugus II Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri Gugus II Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Hal ini dibuktikan dengan nilai rhitung > rtabel = 0,971>0,361 dengan taraf signifikansi 5% yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan “terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri Gugus II Kecamatan Baso Kabupaten Agam†diterima.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021