Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dengan menggunakan model pembelajaran saintifik integratif pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam siswi kelas V di SD IT An-Najiyah Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian berjumlah 20 siswi perempuan. Tahapan penelitian tindakan kelas yang dilakukan meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 15%. Model pembelajaran saintifik integratif dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswi kelas V pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Kebaruan dari penelitian ini adalah didapatkannya keterampilan berpikir kreatif siswi kelas V yang sebelumnya tidak nampak. Kefasihan sangat terlihat dalam penelitian ini
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021