JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 1 (2021): 2021

Pembelajaran Daring: Efektivitas Penggunaan Metode Demonstrasi Dan Metode Percobaan Sederhana Terhadap Keterampilan Proses Sains Anak Dimasa Pandemi

Samta, Soraya Rosna (Unknown)
Mulyani, Lili (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan seberapa efektif penggunaan metode demonstrasi dan metode percobaan sederhana terhadap keterampilan proses sains pada anak, serta mendeskripsikan penggunaan metode demonstrasi dan metode percobaan sederhana yang sesuai dengan aspek keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan sampel 50 anak dengan rentang usia 5-6 tahun, yang diperoleh menggunakan desain Non-Ekuivalen Control Grup Design dengan kelompok control dan eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan proses sains menggunakan metode demonstrasi dan metode percobaan sederhana berpengaruh terhadap keterampilan proses sains (f=10,232; 0,02<0,05) hasil n-gain kelas demonstrasi 60% dan kelas percobaan sederhana sebesar 76%, kesimpulannya bahwa penggunaan metode percobaan sederhana lebih efektif dibandingkan dengan metode demonstrasi pada keterampilan sains anak usia 5-6 tahun

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...