Paket C Pada Peserta Didik yang diduga disebabkan oleh kurangnya keterampilan mengajar tutor pada PKBM Media Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran keterampilan mengajar tutor dalam kegiatan pembelajaran pada program kesetaraan Paket C, Untuk melihat gambaran hasil belajar peserta didik program kesetaraan Paket C, dan untuk melihat hubungan antara keterampilan mengajar tutor dengan hasil belajar peserta didik program kesetaraan Paket C di PKBM Media Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan alat yang digunakan yaitu daftar pernyataan tertulis. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus Spearman Rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan mengajar tutor dikategorikan rendah; (2) hasil belajar peserta didik pendidikan kesetaraan Paket C dikategorikan rendah; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara Keterampilan Mengajar Tutor dengan Hasil Belajar Pendidikan Kesetaraan Paket C pada Peserta Didik di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Media Kabupaten Pesisir Selatan. Saran penelitian ini adalah diharapkan kepada tutor untuk lebih memahami dan mengembangkan keterampilan mengajar, memperhatikan komponen-komponen keterampilan mengajar. Diharapkan peserta didik program kesetaraan paket C untuk lebih mampu mengembangkan potensi dirinya. Pengelola PKBM Media agar melakukan pengawasan secara berkelanjutan kepada tutor dan memfasilitasi berbagai pelatihan tutor.
Copyrights © 2021