Lectura : Jurnal Pendidikan
Vol. 11 No. 1 (2020): Lectura: Jurnal Pendidikan

Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa

Rikizaputra Rikizaputra (Unknown)
Hanna Sulastri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi telah membawa dampak positif bagi kemajuan pendidikan salah satunya dengan adanya e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis e-Learning terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2020 di XI MIA SMA Nurul Falah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan menggunakan the matching only pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel jenuh. Sampel penelitian di kelas eksperimen sebanyak 21 orang siswa dan kelas control sebanyak 20 orang siswa. Intrumen tes berupa soal pilihan ganda, angket motivasi belajar dan lembar observasi merupakan instrumen pengambilan data yang digunakan. Data penelitian dianalisis menggunakan Independent 2 samples t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahawa rerata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,612 dan rerata pada kelas control adalah 0,486 sedangkan rerata N-Gain motivasi belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,39 dan pada kelas kontrol hanya 0,27. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas control dari uji t yang dilakukan. Berdasarkan data ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh e-learning dengan google clasroom terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas XI MIA SMA Nurul Falah Pekanbaru pada materi Sistem Pencernaan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Lectura: Jurnal Pendidikan is a scientific journal containing research articles in education scope. Lectura is published twice a year (February and August) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang ...