Dalam pembelajaran seringkali menggunakan buku paket sebagai sumber belajar. Media pembelajaran membantu siswa agar lebih jelas menerima materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan Smart Trigo sebagai hasil inovasi media pembelajaran trigonometri bagi siswa kelas X SMK. Penelitian pengembangan ini menerapkan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Smart Trigo adalah media pembelajaran trigonometri yang dikemas dalam bentuk permainan berbasis AutoPlay Media Studio 8 yang telah divalidasi oleh ahli, praktisi maupun siswa. Smart Trigo memuat materi rasio trigonometri, aturan sinus kosinus, dan grafik fungsi trigonometri. Smart Trigo dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan siswa, analisis materi pada kurikulum, dan analisis ketersediaan sarana prasarana. Hasil ujicoba pada siswa kelas X SMK menunjukkan Smart Trigo memotivasi siswa karena dapat meningkatkan hasil belajar trigonometri karena siswa termotivasi dan dapat memusatkan perhatian pada penggunaan Smart Trigo. Smart Trigo juga efektif karena pembelajaran menjadi menyenangkan, media menarik, ramah digunakan dan membantu memahami konsep pada trigonometri.
Copyrights © 2020