Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Peserta Didik Kelas IV

Aljufri Mardi Aljufri (Universitas Riau)
Sehatta Seragih (Universitas Riau)
Yenita Roza (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik yang teruji validitas dan kepraktisan untuk peserta didik kelas IV berupa silabus, RPP, dan LKPD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model 4D yang terdiri atas pendefinisian (define ), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Karena keterbatasan waktu, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (develop). Ujicoba dilaksanakan dua tahap, yaitu ujicoba ahli dan ujicoba kelompok kecil. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah 8 orang peserta didik kelas IV. Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar validasi kepada ahli dan lembar angket respon peserta didk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi aspek validitas dan kepraktisan. (1) hasil validitas menenunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada kategori sangat valid dengan nilai pada silabus sebesar 88,54, pada RPP sebesar 90,57, pada LKPD sebesar 89,01, pada instumen soal sebesar 89,58, (2) hasil ujicoba kelompok kecil menunjukkan perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan pada kategori sangat praktis sebesar 90,63

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...