Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Analisis Kemampuan Matematis Mahasiswa PGSD Terhadap Penggunaan Geogebra Classroom di Era dan Pasca Pandemi COVID-19

Ira Asyura (STKIP Syekh Manshur)
Ratna Dewi (STKIP Syekh Manshur)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat kemampuan matematis mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar terhadap penggunaan GeoGebra Classroom. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar STKIP Syekh Manshur semester 4. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi (communication), kemampuan koneksi (connection), dan kemampuan representasi (representation) mahasiswa dalam menyelesaikan soal geometri dan aljabar pada mata kuliah pendidikan matematika II. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang terdapat pada GeoGebra Classroom. Berdasarkan data analisis kemampuan matematis yang diperoleh setelah menggunakan GeoGebra Classroom, mahasiswa terkendala dalam membuat permodelan matematika sehingga masih banyak yang belum mencapai indikator ekpresi dalam komunikasi matematis. Begitu juga dengan kemampuan representasi matematis dimana adanya kebingungan dalam permodelan, namun sudah mampu melukiskan gambar dan memberikan penjelasan dengan benar. Sementara, kemampuan koneksi rata-rata memberikan jawaban sesuai dengan permasalahan tetapi kurang lengkap.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...