Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 1 (2021): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021

Pengembangan Board Game “Labyrinth in the Forest” Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Materi Bilangan

Galih Kuat Prihandoko (Universita Kristen Satya Wacana)
Tri Nova Hasti Yunianta (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2021

Abstract

Media pembelajaran yang menarik dapat membuat suasana dalam pembelajaran menjadi tidak membosankan, dan dapat meningkatkan hasil belajar. Pengembangan media pembelajaran yaitu board game “Labyrinth In the Forest” untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) materi bilangan diperlukan dan inilah menjadi tujuan penelitian ini. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini menggunakan tujuh siswa kelas 7 SMP di Kota Salatiga. Media board game dinyatakan valid dan praktis dengan hasil persentase keduanya yaitu 90% dan 85% dengan kategori sangat baik. Hasil signifikasi uji paired t-test adalah 0,000 (kurang dari 0,005) didukung dengan nilai rata-rata posttest lebih tinggi dibandingkan pretest. Hasil respons siswa menyatakan 96,5% memilih dalam kategori sangat baik atau sangat praktis untuk digunakan. Simpulan penelitian ini menyatakan bahwa media board game “Labyrinth in the Forest” yang telah dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan untuk proses pembelajaran khususnya siswa SMP pada materi bilangan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...