Jurnal Basicedu
Vol 4, No 4 (2020): October, Pages 775-1467

Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Siprianus See (Universitas Flores , Nusa Tenggara Timur, Indonesia)
Catharina Novianti (Universitas Flores , Nusa Tenggara Timur, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IX di SMP Katolik St. Theresia Kupang. Metode pada penelitian merupakan metode kuantitatif. Jumlah responden (sampel) dalam penelitian adalah 93 orang siswa kelas IX SMP Katolik St. Theresia Kupang, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah ramdom sampling. Data diperoleh melalui penyebaran angket yang didukung dengan dokumentasi dan observasi, kemudian dianalisis dengan Statisitik Korelasi Product Moment dan dilanjutkan dengan Regresi. Hasil Analisis Korelasi Product Moment dan Regresi menunjukan bahwa; terdapat Hubungan yang positif dan signifikan antara Kompetensi Pedagogik dengan Motivasi Siswa Pada mata pelajaran IPS siswa kelas IX di SMPK St. Theresia Kupang, dengan nilai koefisien korelasi = 0,493 dan Probabilitas Sig = 0,000 < probabilitas 0,05. Sedangkan koefisien determinasi atau sumbangan efektif Kompetensi Pedagogik guru terhadap motivasi siswa adalah sebesar Rsquare = 0,243 x 100% = 24,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas IX pada pembelajaran IPS di SMP Katolik Sta. Theresia Kupang, walaupun masih dalam kategori cukup. Oleh sebab itu berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti dapat memberikan beberapa saran; 1) bagi guru yang mengampuh mata pelajaran IPS hendaknya untuk lebih meningkatkan kompetensi pedagogiknya dengan terus memahami IPS sebagai mata pelajaran yang dinamis dan terus berkembang sesuai dengan kemajuan zaman, 2) Guru IPS perlu meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran IPS, dengan menentukan, memodifikasi, atau menciptakan metode atau model pembelajaran yang sesuai dengan ciri khas dan tujuan IPS, sehingga pembelajaran IPS lebih bermakna dan menarik untuk dipelajari oleh siswa, 3) Siswa hendaknya memiliki perspektif yang positif terhadap IPS sebagai mata pelajaran yang dapat berkontribusi terhadap keterampilan hidup baik keterampilan mental, pribadi maupun sosial, 4) bagi sekolah dalam hal ini kepala sekolah untuk dapat merencanakan program diklat yang mengakomodir guru mata pelajaran IPS, sehingga dapat meningkatkan kompetensi guru tersebut.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...