Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V Gugus IV Kubu dengan pengendalian kemampuan numerik. Desain penelitian ini menggunakan desain Single Factor Independent groups design with use of covariate dengan kovariabel kemampuan numerik. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 168 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 72 orang siswa yang ditentukan dengan tehnik random sampling. Data  hasil belajar matematika dan kemampuan numerik masing masing dikumpulkan dengan tes.  Data dianalisis dengan (1) Anava satu jalan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) Anakova untuk mengetahui pengaruh penerapan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika setelah kemampuan numerik dikendalikan dan (3) Product Moment untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kemampuan numerik terhadap hasil belajar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penerapan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa (Fhitung 9,145 > Ftabel = 3,98, p <0,05), (2) setelah kovariabel kemampuan numerik dikendalikan, terdapat pengaruh penerapan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa (Fhitung sebesar 42,797 > Ftabel = 3,98, p <0,05), dan (3) terdapat kontribusi yang signifikan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar matematika siswa sebesar 81, 36%. Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan PMR berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD pada gugus IV Kecamatan Kubu baik sebelum maupun setelah dikendalikan kemampuan numerik siswa.
Copyrights © 2021