Pandemi Covid-19 yang terjadi berdampak pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM). UKM Mekar Sari dan Sekapur Sirih yang bergerak dalam bidang produksi rengginang, jagung marning, kerupuk beras, dan keripik tahu juga terdampak akibat pandemic ini. Keterbatasan dalam pemasaran yang saat ini tidak bisa secara konvensional menyebabkan penurunan pendapatan mitra. Permasalahan lain adalah ketidaktahuan mitra tentang strategi pemasaran online. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memperkenalkan tentang strategi pemasaran online dan web pemasaran online. Potensi yang dimiliki oleh mitra adalah memiliki kemauan dan semangat yang tinggi untuk terus belajar. Berdasarkan kesepakatan tim pengabdi dengan mitra, maka solusi yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan sosialisasi strategi dan penyediaan web pemasaran online melalui program pengembangan desa mitra (PPDM) di tahun ketiga. Metode kegiatan menggunakan ceramah dan demonstrasi pengelolaan web pemasaran online. Kegiatan pengabdian ini terlaksana dengan baik. Terjadi peningkatan pengetahuan khalayak sasaran sebesar 57,4% antara sebelum dan setelah dilakukan kegiatan pengabdian ini. Pihak pemerintah desa perlu melakukan pendampingan melalui Badan Usaha Milik Desa (BumDes) agar pemasaran online ini tetap berjalan optimal. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020