Journal of Education Action Research
Vol 4, No 4 (2020): NOVEMBER 2020

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Materi Penjumlahan Puluhan Menggunakan Metode Permainan Media Ular Tangga

Kurniati, Puji (Unknown)
Asri Untari, Mei Fita (Unknown)
Sulianto, Joko (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa menggukan permaian ular tangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan. Subjek penelitian yang berjumlah 30 orang. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi. Data yang telah dikumpulkan (data mentah) kemudian diolah, pengolahan data dimaksudkan sebagai suatu proses untuk memperoleh data ringkasan dari data mentah dengan menggunakan cara atau rumus tertentu. Data ringkasan yang diperoleh dari pengolahan data itu dapat berupa jumlah (total), rata-rata (mean), persentase (persentage), dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil tes awal sebelum diberikan tindakan dengan menggunakan media ular tangga diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 69 dengan nilai presentase ketuntasan klasikal yaitu 40% atau sebanyak 12 orang siswa sedangkan 18 orang siswa lainnya belum/ tidak tuntas. 2) Penerapan media ular tangga dapat meningkatkan pemahaman siswa karena diberikan media secara riil dan biasa dimainkan oleh siswa sehingga memicu siswa dalam pemahaman materi penjumlahan bilangan. Dan Hasil belajar siswa setelah diberikan tindakn dengan media ular tangga semakin meningkat dari sebelum tindakan. Pada tindakan I diperoleh nilai rata-rata 83,43 dengan presentase ketuntasan klasikal yaitu 86,67% atau sebanyak 26 orang siswa yang sudah tuntas belajar. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa menggunakan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...