Journal of Education Action Research
Vol 5, No 2 (2021): May 2021

Meningkatkan Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Menganalisis Kebahasaan Teks Prosedur melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning

Sudirta, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2021

Abstract

Rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia siswa menjadi permasalahan utama didalam penelitian ini, sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil pembelajaran bahasa indonesia materi  menganalisis kebahasaan teks prosedur melalui penerapan model pembelajaran  Cooperative Learning siswa kelas XI. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 30 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes hasil belajar kepada siswa secara bertahap yaitu siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian ini berdasarkan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning adalah diperoleh nilai rata-rata kelas 77,2, ketuntasan belajar mencapai 83% pada siklus I, dan nilai rata-rata 82, ketuntasan belajar mencapai 100% pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan  model pembelajaran Cooperative Learning   pada mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI.IPS SMA Negeri 1 Negara  tahun pelajaran 2018/2019. Implikasi penelitian ini adalah mestimulus siswa untuk lebih aktif, lebih semangat dalam belajar serta keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar lebih tinggi, siswa akan lebih cepat memahami materi pelajaran yang dibahas pada saat pembelajaran berlangsung dan tentu menyenangkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...