Journal of Education Action Research
Vol 4, No 3 (2020): August 2020

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa

Suwandiari, Ni Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IX C SMP Negeri 2 Kubu pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX C sebanyak 35 orang. Objek  penelitian berupa peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Untuk mengukur hasil belajar digunakan tes hasil belajar yang diberikan pada akhir tiap siklus. Data yang dikumpulkan dianalisis mengunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together(NHT) dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX C. Hasil ini terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 76,57 meningkat sebesar 7,32 pada siklus II menjadi 83,89 dan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 71,43% meningkat sebesar 20% pada siklus II menjadi 91,43%. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...