Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol 3, No 1 (2020): Mei 2020

META-ANALISIS PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PADA MATA PEMBELAJARAN TEMATIK

Susilowati, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran tematik melalui model inquiry learning dengan cara menganalisis kembali. Metode dalam penelitian ini menggunakan meta analisis.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan merumuskan masalah penelitian, menulusuri hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Data dikumpulkan dengan menulusuri jurnal elektronik melalui Google Cendikia dengan kata kunci “ Inqury learning”, “berpikir kritis”, “pembelajaran tematik”.  Peneliti memperoleh 20 artikel yang relevan dari penelusuran jurnal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis model inqury learning mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada mata pembelajaran tematik dengan nilai terendah 3,99% sampai yang tertinggi 47,61% dengan nilai rata-rata 19,62%.Kata Kunci: Inqury Learning, Berpikir Kritis ,Pembelajaran Tematik 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...