Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran tematik melalui model inquiry learning dengan cara menganalisis kembali. Metode dalam penelitian ini menggunakan meta analisis.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan merumuskan masalah penelitian, menulusuri hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Data dikumpulkan dengan menulusuri jurnal elektronik melalui Google Cendikia dengan kata kunci “ Inqury learningâ€, “berpikir kritisâ€, “pembelajaran tematikâ€.  Peneliti memperoleh 20 artikel yang relevan dari penelusuran jurnal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis model inqury learning mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada mata pembelajaran tematik dengan nilai terendah 3,99% sampai yang tertinggi 47,61% dengan nilai rata-rata 19,62%.Kata Kunci: Inqury Learning, Berpikir Kritis ,Pembelajaran Tematik 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020