Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol 4, No 1 (2021): Mei 2021

Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains tentang Materi Sistem Ekskresi dan Sistem Pernapasan

Helendra, Helendra (Unknown)
Sari, D. Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2021

Abstract

Dalam kurikulum 2013 yang berfokus pada peningkatan literasi sains, asesmen merupakan bagian integral dari proses pembelajaran sains. Namun berdasarkan hasill pengukuran yang dilakukan PISA (Programme for International Student Assessment), literasi sains Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini berkaitan erat dengan aspek yang diukur dalam pembelajaran sains yang masih terbatas pada kemampuan kognitif dan belum mengarah pada penguasaan literasi sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen asesmen berbasis literasi sains pada materi sistem ekskresi dan sistem pernapasan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tahap investigasi awal, tahap pengembangan atau tahap pembuatan prototipe, dan tahap penilaian. Subjek uji produk penelitian skala kecil adalah 9 orang siswa, dan uji coba lapangan adalah 32 orang siswa. Validitas logis dan kepraktisan dianalisis secara deskriftif kuantitatif. Sedangkan validitas empiris, dan butir soal dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai validitas logis instrumen sebesar 87.23% dinyatakan sangat valid dan nilai validitas empiris sebesar 80.00%. Hasil uji praktikalitas instrumen asesmen oleh guru memperoleh nilai 89.52% dan oleh siswa 88.43%. Reliabilitas instrumen asesmen berbasis literasi sains menunjukkan kategori sangat tinggi dengan nilai reliabilitas 0.93. Terdapat 80.00% soal dengan kriteria tingkat kesukaran sedang, dan 66.00% soal dengan daya pembeda baik. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa instrumen asesmen berbasis literasi sains materi sistem ekskresi dan sistem pernapasan dapat dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan reliabilitas soal sangat tinggi.  Kata Kunci: Asesmen, Literasi SainsDalam kurikulum 2013 yang berfokus pada peningkatan literasi sains, asesmen merupakan bagian integral dari proses pembelajaran sains. Namun berdasarkan hasill pengukuran yang dilakukan PISA (Programme for International Student Assessment), literasi sains Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini berkaitan erat dengan aspek yang diukur dalam pembelajaran sains yang masih terbatas pada kemampuan kognitif dan belum mengarah pada penguasaan literasi sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen asesmen berbasis literasi sains pada materi sistem ekskresi dan sistem pernapasan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tahap investigasi awal, tahap pengembangan atau tahap pembuatan prototipe, dan tahap penilaian. Subjek uji produk penelitian skala kecil adalah 9 orang siswa, dan uji coba lapangan adalah 32 orang siswa. Validitas logis dan kepraktisan dianalisis secara deskriftif kuantitatif. Sedangkan validitas empiris, dan butir soal dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai validitas logis instrumen sebesar 87.23% dinyatakan sangat valid dan nilai validitas empiris sebesar 80.00%. Hasil uji praktikalitas instrumen asesmen oleh guru memperoleh nilai 89.52% dan oleh siswa 88.43%. Reliabilitas instrumen asesmen berbasis literasi sains menunjukkan kategori sangat tinggi dengan nilai reliabilitas 0.93. Terdapat 80.00% soal dengan kriteria tingkat kesukaran sedang, dan 66.00% soal dengan daya pembeda baik. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa instrumen asesmen berbasis literasi sains materi sistem ekskresi dan sistem pernapasan dapat dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan reliabilitas soal sangat tinggi[A1] [H2] . [A1]Secara umum abstrak terdapat masalah penelitian, tujuan penelitian, tujuan penelitian, subjek penelitian, metode pengumpulan data, metode analisis data, hasil penelitian dan simpulan.Dalam absatrak hindari adanya tempat penelitian hanya menggabrakan penelitian anda dalam lingkup sempit [H2]Sudah diperbaiki

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...