Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol 3, No 1 (2020): Mei 2020

MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN SEDERHANA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Eristiani, Sri (Unknown)
Jayanta, I Nyoman Laba (Unknown)
Suarjana, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2020

Abstract

Kurangnya motivasi belajar menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V yang menjadi sebab  dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan media pembelajaran sederhana terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika kelas V SD. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis eksperimen semu dengan rancangan Non Equivalent Posttes Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD gugus VII Kecamatan Buleleng. Pengambilan sampel menggunakan cara random sampling melalui teknik undian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner motivasi dan tes pilihan ganda untuk mengukurhasil belajar Matematika. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan motivasi dan hasil belajar Matematika secara parsial dan simultan dengan taraf signifikansi 0,000<0,05%. Dengan demikian model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan media pembelajaran sederhana berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD, saran bagi penelitian selanjutnya adalah diharap hasil penelitian ini dikembangkan dan dapat digunakan pada mata pelajaran lain.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...