Jurnal EDUTECH Undiksha
Vol 8, No 2 (2020)

Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS

Ningtyas, Ni Putu Diah Rahayu (Unknown)
Tegeh, I Made (Unknown)
Antara, Putu Aditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa kelas V SD antara yang dibelajarkan dan yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain non equivalent post-test only control grup desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD yang berjumlah 129 siswa. Dipilih melalui random sampling dengan menggunakan teknik undian untuk mendapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda. Adapun mean dari hasil analisis data yaitu kelas eksperimen (83,85), dan kelas kontrol (73,13). Analisis data selanjutnya menggunakan uji-t memperoleh hasil thitung = 2,78, berdasarkan taraf signifikan 5% dengan dk = 49 mendapatkan ttabel = 2,015. Hasil analisis data menunjukkan thitung = 2,78> ttabel = 2,015. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa kelas V SD antara yang dibelajarkan dan yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual. Terdapat pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual terhdapat hasil belajar IPS siswa kelas V SD Tahun Pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JEU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan teknologi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran ...