Adanya wabah Corona Virus Disease 19 atau COVID-19 telah mengganggu aktivitas di berbagai bidang kehidupan termasuk pendidikan. Situasi pandemi menyebabkan siswa banyak belajar mandiri di rumah. Berkaitan dengan hal tersebut, guru harus mampu menyediakan media pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk membangun ilmunya. Salah satu jenis media yang dapat digunakan guru untuk mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran adalah multimedia interaktif. Multimedia interaktif merupakan multimedia yang dilengkapi dengan pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna sehingga pengguna dapat memilih apa yang diinginkannya untuk proses selanjutnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan Model 4D. Objek penelitian ini adalah pembelajaran multimedia interaktif berbasis pendekatan saintifik materi Protista pada siswa kelas X SMAN 1 Ranah Pesisir. Subjek penelitian ini adalah dua orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan satu orang guru SMAN 1 Ranah Pesisir sebagai validator penggunaan multimedia pembelajaran interaktif. Berdasarkan hasil validasi, secara keseluruhan nilai validitas pengembangan multimedia pembelajaran interaktif Biologi dikategorikan valid. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran multimedia interaktif layak untuk diujicobakan di sekolah.
Copyrights © 2021