Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Vol 15 No 2 (2020): Pedagogik: Jurnal Pendidikan

Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Terhadap Kemandirian Belajar

Annisa Ul Khusna (Universitas PGRI Semarang)
Arri Handayani (Universitas PGRI Semarang)
Gregorius Rahastono Ajie (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemandirian belajar pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama terhadap kemandirian belajar siswa kelas X SMK PGRI 2 Taman Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah true experimental, sampel yang diambil sebanyak 20 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunakan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Data dalam penelitian diperoleh melalui instrument penelitian skala kemandirian belajar. Dari hasil perhitungan pre-test menunjukan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 73,0 sedangkan hasil post-test menunjukan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 90,8. Terjadi peningkatan rata-rata kelompok eskperimen sebesar 17,8 poin. Pada perhitungan uji-t diperoleh hasil thitung (2,543) dan ttabel diperoleh pada taraf signifikansi 5% sebesar (2,101). Maka dapat disimpulkan ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

The publication of Pedagogik: Jurnal Pendidikan certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 5 articles consisting ...