Penelitian ini terkait dengan pelaksanaan pendidikan karakter anak pada keluarga muslim Jawa di Dukuh Kebonagung, Gantiwarno, Klaten. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian merupakan keluarga muslim Jawa yang tinggal di Dukuh Kebonagung, Gantiwarno, Klaten dan memiliki anak. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian didapati bahwa pendidikan karakter anak pada keluarga Muslim Jawa dimulai sejak usia dini dengan melalui pembiasaan, perintah, contoh dan keteladanan. Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan pada anak yaitu: pertama, pendidikan karakter berbasis agama dengan mengajarkan pada anak prinsip dasar, pembiasaan beribadah dengan keteladanan dan memberikan nasehat. Kedua, pendidikan karakter berbasis budaya meliputi penanaman budi pekerti, nilai dan norma, tata krama, budaya kepada anak. Ketiga, pendidikan karakter berbasis lingkungan, diantaranya perhatian keluarga pada proses pertumbuhan dan perkembangan anak, pembiasaan berkata jujur, disiplin, dan mandiri. Upaya pendidikan karakter terhadap manusia dilakukan dengan menghormati dan menyayangi sesama. Pengajaran arti penting kerukunan, pendidikan kelestarian alam dan lingkungan dengan menerapkan hidup bersih dan sehat. Hambatan pelaksanaan pendidikan karakter anak pada keluarga muslim disebabkan adanya faktor internal dari kesibukan orangtua, dan faktor eksternal berupa lingkungan pergaulan dan pengaruh teknologi informasi dan komunikasi.
Copyrights © 2021