EDUPEDIA
Vol 4, No 2 (2020): Oktober

ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR

Firsa Damayanti (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Intan Sari Rufiana (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa terhadap mata pelajaran matematika terkait materi bangun ruang apabila kita lihat dari motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu menerjemahkan data dengan kata-kata berdasarkan fakta-fakta yang terjadi. Subjek penelitian ini adalah sebagian siswa kelas 6 SD yang bertempat tinggal di salah satu desa di Kabupaten Ponorogo. Pengumpulan data dari pemberian angket motivasi belajar, tes pemahaman konsep dan wawancara terhadap subjek serta dokumentasi secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan adanya keterkaitan antara pemahaman konsep matematika pada materi bangun ruang dengan motivasi belajar siswa. siswa yang memiliki tingkat motivasi rendah memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika yang rendah. Siswa dengan tingkat motivasi belajar sedang, kemampuan pemahaman matematika yang dimiliki lebih tinggi daripada siswa dengan motivasi rendah. Siswa dengan tingkat motivasi yang tinggi maka kemampuan pemahaman konsep yang dimiliki semakin tinggi pula.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edupedia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mahasiswa dengan ruang lingkup pendidikan dan pengajaran ISSN Cetak 2614-1434 ISSN Online 2614-4409 ...