Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi faktor eksternal dan faktor internal yang ada dalam menjalankan usaha dan 2) merumuskan strategi alternatif dalam pengembangan usaha Kedai kopi D’Philocoffe di Kabupaten Bolang Mongondow Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, dengan jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis SWOT melalui beberapa tahapan yaitu pembobotan menggunakan tabel IFE dan EFE. Hasil penelitian yaitu: 1) Aspek-aspek yang ada pada lingkungan internal, antara lain; (a) Kualitas produk/menu, (b) Harga jual produk, (c) Fasilitas fisik, (d) Sarana dan prasarana penunjang, (e) Pelayanan konsumen, dan 2) Aspek-aspek pada lingkungan eksternal, yaitu; (a) Ketersediaan bahan baku, (b) Persaingan usaha, (c) Kondisi ligkungan sosial, ekonomi dan budaya, (d) Perkembangan teknologi (e) Kebijakan pemerintah dan ketersediaan lembaga permodalan. Posisi usaha D’Philocoffee berada pada posisi kuadran I (agresif), sehingga strategi yang baik digunakan adalah Strategi SO; yaitu: 1)melakukan promosi yang lebih intensif dengan memperkenalkan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh D’Philocoffee, 2) memaksimalkan penggunaan teknologi untuk keberlangsungan usaha, 3) menjaga kestabilan harga produk dengan melakukan kerja sama yang baik dengan produsen dan pemasok bahan baku produksi, 4) memanfaatkan tersedianya lembaga permodalan untuk memenuhi kebutuhan modal dalam pengembangan usaha.
Copyrights © 2019