Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Mengetahui jenis rantai pemasaran serta para pelaku pemasaran yang terlibat. (2) Mengetahui efisiensi pemasaran berdasarkan harga yang diterima petani (Farmer’s Share) dan rasio keuntungan biaya. Penelitian ini dilakukan di Desa Ciawang Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara kepada 25 orang, 3 orang pedagang pengepul, 5 orang pedagang pengecer dan 3 orang pedagang besar luar Desa. Desain penelitian ini adalah kuantitatif dan kualititatif dengan menggunakan rumus margin pemasaran dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 jenis saluran pemasaran ikan nila, yaitu; 1) pembudidaya-pengepul-pengecer, 2) pembudidaya-penegecer, 3) pembudidaya-pedagang besar luar Desa, dengan masing-masing margin yaitu pada saluran pertama Rp.9.000 dengan farmer’s share 71,87% dan rasio keuntungan terhadap biaya sebesar 24%. margin untuk saluran kedua yaitu Rp.6.000 dengan Farmer’s share 80,64% dan rasio keuntungan 25,85%. Untuk saluran ke tiga dengan margin Rp.7,000 dengan farmer’s share 78,12% dan rasio keuntungan biaya 25,80%. Hal ini menunjukkan bahwa ketiga saluran pemasaran tersebut telah efisien. Akan tetapi jika dilihat di bagian harga yang diterima pembubidaya saluran kedua yang paling efisien.
Copyrights © 2021