Cakrawala Dini : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 12, No 1 (2021): MAY 2021

PENERAPAN PERMAINAN BAHASA GUESSING GAMES BERBASIS POWERPOINT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI

Gita Vallenti Wibowo (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Suyadi Suyadi (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
28 May 2021

Abstract

Motivasi dari penelitian ini adalah beberapa permasalahan pada keterampilan berbicara anak yang kurang mendapat perhatian di beberapa sekolah. Maka dari itu, penelitian ini bermaksud untuk menguraikan bagaimana penerapan permainan guessing games berbasis Powerpoint dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak di Kelompok B Taman Kanak-kanak Thoyyibah di Bandar Lampung. Riset ini memakai metode deskriptif kualitatif serta desain studi kasus. Hasil penelitian memaparkan terkait proses kegiatan pembelajaran dengan penerapan permainan bahasa guessing games berbasis powerpoint dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini terdiri dari 3 tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi/penilaian. Keterampilan berbicara anak dapat terstimulus dan berkembang dengan baik serta siginifikan melalui penerapan permainan bahasa guessing games berbasis powerpoint, hal ini tampak pada aspek pengucapan anak berkembang dengan baik ketika anak mampu menjawab tebakan yang diberikan guru dan tanpa secara langsung aspek pengembangan kosakata anak bertambah dan ketika anak bercerita kembali terlihat aspek pembentukkan kalimat sudah berkembang baik. Tetapi, masih terdapat sebagian faktor yang membatasai penerapan permainan tersebut yaitu keterbatasan fasilitas berupa computer/laptop sehingga mengurangi suasana belajar. Dalam hal ini pendidik mengatasinya dengan mengajak anak untuk melihat permainan secara bergantian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cakrawaladini

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Cakrawala Dini is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research-article and ideas-article. All topics that we received only articles relating to early childhood education fields. For research category, articles can be written using ...