Jurnal Sosial Ekonomi Pesisir
Vol 1 No 3 (2020): Jurnal Sosial Ekonomi Pesisir

Komunikasi Pemasaran Pada Usaha Kuliner Ikan di Restoran Pondok Patin H.M. Yunus Pekanbaru

Nopa Ratna Sari (Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau)
Ridar Hendri (Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau)
Zulkarnain (Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2021

Abstract

Penelitian dilakukan di “Restoran Pondok Patin H.M. Yunus Pekanbaru” pada bulan Oktober 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran pemasaran, teknik komunikasi pemasaran yang dilakukan selama ini dan mengetahui kendala apa saja yang dihadapi restoran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik komunikasi pemasaran yang digunakan adalah (a) komunikasi antarpribadi (menghubungi konsumen menggunakan telepon, menyediakan juru bicara yang memiliki kemampuan bahasa Inggris untuk melayani pengunjung asing); (b) komunikasi kelompok (menjalin kerjasama dengan instansi pemerintahan dengan melakukan presentasi); (c) komunikasi massa (melalui promosi di surat kabar, instagram, e-majalah bandara, TV, radio, baliho, dan papan nama. Kendala dalam komunikasi pemasaran adalah tidak menggunakan fasilitas jaringan pemasaran online (Gofood) karena harus menaikkan harga sebesar 20% dan tidak menggunakan website karena membuat website diperlukan biaya tinggi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JSEP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Sosial Ekonomi Pesisir (JSEP) | E-ISSN: 2723-679X | P-ISSN: 2541-0865 merupakan media ilmiah yang dibentuk dan dikelola oleh Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau, yang memuat artikel tentang kajian kajian ilmiah sosial dan ekonomi pesisir dalam ...