Perkembangan teknologi saat ini semakin berkembang dengan pesat. Teknologi yang sangat populer di era globalisasi ini adalah gadget. Tingkat ketergantungan anak terhadap penggunaan gadget semakin meningkat. Hal ini dapat menyebabkan terganggunya proses perkembangan anak khususnya pada aspek sosio-emosional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang disebabkan oleh gadget terhadap sosio emosional anak usia pra sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang yaitu orang tua dari anak usia pra sekolah dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Simple Random Sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan responden sebanyak 50% berada pada rentang umur 30-35 tahun, 40% responden bekerja sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT). Anak responden sebanyak 80% menggunakan gadget yang lebih dari 1 jam per hari dan sisanya kurang dari 1 jam/hari. Analisis data menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan gadget tehadap sosio emosional anak usia pra sekolah (p value=0,01) dengan nilai R = 0,64.
Copyrights © 2020