Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE)
Vol 2, No 2 (2020)

IMPLEMENTASI METODE PENYADARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI PROGRAM TAMAN BACAAN MASYARAKAT

Handian, Evan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Minat baca masyarakat dipengaruhi oleh faktor internal dan ekstrenal, Faktor internal bersumber dari individu itu sendiri diantara kecenderungan malas dalam membaca, kesibukan dalam beraktivitas, yang selanjutnya dalah faktor eksternal yaitu tidak adanya sarana dan prasarana untuk menunjang layanan yang baik, adanya pengaruh luar lingkungan dan adanya masyarakat yang bergantung dengan alat media sebagai kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian, 1) Memperoleh gambaran berkaitan dengan profil lembaga, 2) Memperoleh gambaran implementasi penerapan penyadaran dalam meningkatkan minat baca masyarakat, 3) Memperoleh hasil dari dampak program yang diikuti oleh masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, studi literatur, studi dokumentasi. Hasil penelitian 1) Profil dari pengelola lembaga TBM adalah berjumlah 19 diantara adalah ketua,sekertaris, bendahara dan relawan yang membantu program, 2) Implementasimetode penyadaran dalam meningkatkan minat baca dilakukan melalui sosialisasi kemampuan baca tulis dan sosialisasi pasca kemampuan baca tulis 3) hasil yang didapatkan masyarakat setelah mengikuti program adalah naiknya pengetahuan dan informasi masyarakat dari sebelumnya dengan kenaikan persentase yang dilihat dari ranah kognitif yang mencapai 2%, afektif yang mencapai 1,57 % dan psikomotor yang mencapai 0,88%. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IJACE

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE) is an open access and peer-reviewed journal, published by Department Community Education, Faculty of Education Universitas Pendidikan Indonesia. This Journal collaborative with Indonesian Community Education Association (APENMASI) which is ...