Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Vol 2, No 2 (2019): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika

PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI SIMULASI PHET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI ENERGI MEKANIK DI SMA

Yanti, Fajri (Unknown)
Daud, Muhammad (Unknown)
Zahara, Syarifah Rita (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi energi mekanik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan simulasi PhET di SMA Negeri 3 Bireuen. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design dengan jumlah responden sebanyak 52 orang. Instrumen pengumpulan data pemahaman konsep adalah tes. Data dianalisis dengan statistik parametris, yaitu uji-t dengan teknik independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui simulasi PhET terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi energi mekanik di kelas XI SMA Negeri 3 Bireuen. Dan dapat dilihat dari hasil uji independent sample t-test dengan nilai Sig (2-tailed) yaitu 0,002, artinya nilai Sig (2-tailed) 0,002<0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t-test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan rata-rata postest kelas eksperimen diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

relativitas

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of ...