Penelitian bertujuan untuk menganalisis peningkatan pemahaman siswa dengan   menggunakan model Numbered Head Together (NHT) Berbasis Multimedia pada materi cara pencegahan kerusakan lingkungan alam. Pendekatan  yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 12 orang siswa kelas IV di SD Negeri 7 Lhokseumawe. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) Berbasis Multimedia dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi cara pencegahan kerusakan lingkungan, hal ini dapat dilihat dari presentase ketuntasan yang diperoleh pada siklus I yaitu 67% dan meningkat pada siklus II menjadi 83% siswa yang tuntas. Siswa berharap  pembelajaran materi lain dapat juga melakukan dengan  model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbasis Multimedia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019