Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Vol 2, No 2 (2019): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Nurfarida, Nurfarida (Unknown)
Bahtiar, Bahtiar (Unknown)
Ernita, Nevi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa fisika pada materi momentum dan impuls di SMA Negeri 8 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sluster Random Samling. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan desain penelitian pretest-posttest control grup desain. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji-t diperoleh ttabel = 2,021 dan thitung = 8,35, maka diketahui nilai thitung (8,35)  ttabel (2,021) dengan dk yang besarnya dk = n1 + n2 - 2 dengan taraf signifikansinya 5%. Karena thitung lebih besar dari ttabel pada taraf sisgnifikan 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada peningkatkan hasil belajar fisika siswa pada materi momentum dan impuls di SMA Negeri 8 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

relativitas

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of ...