Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Al Qalam Vol. 15, No. 1, Januari-Juni 2021

PENDIDIKAN ISLAM DAN DISABILITAS: TELAAH PEMIKIRAN ABDULLAH NASKIH ULWAN

M Anshari (STIT Darul Hijrah)
M. Firdaus Nuzula (Unknown)
Suriadi Suriadi (Unknown)
Ulin Nuha (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2021

Abstract

Anak dengan penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dalam bidang pendidikan, menjadi seorang anak dengan disabilitas tidak mengugurkan kewajibannya untuk mendapatkan pendidikan khususnya pendidikan agama Islam. Namun tidak banyak para tokoh pendidikan dalam dunia Islam yang memberikan perhatian terhadap pendidikan bagi anak dengan penyandang disabilitas. Abdullah Nashih Ulwan merupakan pemikir pendidikan Islam kontemporer yang memberikan perhatian terhadap pendidikan agama Islam bagi anak dengan penyandang disabilitas dalam kitabnya Tarbiyah Al-Aulād Fī Al-Islām. Penelitian ini merupakan kajian pustaka dengan mengunakan metode deskriptif analitik. Hasil kajian pusataka menunjukkan bahwa Abdullah Nashih Ulwan memiliki konsepsi dan strategi tentang bagaimana pendidikan Islam bagi anak dengan penyandang disabilitas,yaitu: Pertama, pemberian perhatian, kasih sayang, motivasi dan dukungan terhadap mereka. Kedua, menghilangkan stigma negatif stereotip terhadap mereka.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...