JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Pengembangan Modul Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Pendekatan ICARE Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 22 Kuranji Padang

Daryus, Muthyara (Unknown)
Noviyarni, Noviyarni (Unknown)
Irdamurni, Irdamurni (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan ICARE untuk kelas IV di SD Negeri 21 Lubuk Lintah yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan modivikasi model 3-D yaitu terdiri dari tahap define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Validator angket terdiri dari 1 orang dosen validator materi, 1 orang dosen validator desain dan 1 orang dosen validator bahasa. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPA memperoleh penilaian 3,20, dari aspek tampilan memperoleh penilaian 3,83 dan dari aspek bahasa memperoleh penilaian 4,00. Dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran IPA berbasis ICARE yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 3,67 dengan kategori sangat valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 23 orang siswa . dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh presentase hasil 83,85% dengan kategori praktis dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh presentase hasil 82,26% dengan kategori praktis. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis ICARE yang dihasilkan sangat valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPA sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA dikelas IV SD

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...